Memasang Meta Tag

Subscribe in a reader
avatar

Penulis : vgathy


Jam Posting : 10.57

Bookmark and Share
Sebelum memasang sebuah meta tag, sebaiknya anda mengetahui "apa itu meta tag" dan "apa fungsi meta tag"

Pengertian Tag

Tag adalah suatu kata atau kalimat perintah yang diolah di dalam dokumen HTML. Hampir sama dengan kategori, tag digunakan untuk mengklasifikasikan sebuah artikel ataupun konten dalam sebuah situs. Tag bersifat lebih fleksibel dibanding kategori dan biasanya digunakan dengan cara yang lebih spesifik sebagai suatu keyword atau kata kunci suatu halaman tertentu di website/blog. Satu halaman artikel atau posting biasanya diberikan satu kategori besar dan banyak tag di dalamnya.

Pengertian Meta Tag

Meta tags adalah kode-kode HTML yang ada di bagian halaman sebuah situs/web/blog. Tidak seperti tag HTML yang lain, meta tags tidak muncul di halaman posting atau halaman web, sehingga kebanyakan pengunjung tidak pernah melihatnya.

Meta tags yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda, namun secara umum semuanya digunakan untuk memberikan informasi tambahan mengenai kondisi sebuah halaman situs kepada robot di mesin pencari.

Nah dari dua penjelasan diatas yang Saya kutip dari www.total.or.id/info.php?kk=meta%20tag, serta sedikit tambahan dari Saya, maka Saya ambil kesimpulan sebagai berikut:


Meta Tags Description

Meta tags description adalah perintah dalam bentuk kode HTML di dalam template blog/web yang berada pada tiap-tiap halaman-Nya. Fungsi dari meta tag description ini adalah untuk menyampaikan ringkasan informasi dari suatu judul halaman posting kepada search engine dimana ringkasan tersebut akan hanya tampil pada halaman index pencarian. Misalnya hasil pencarian oleh spider google (googlebot), yahoo, bing, dan search engine lainnya sehingga dapat di pahami oleh user yang sedang mencari judul artikel tersebut dan relevan dengan yang mereka cari.

Description yang relevan dengan judul artikel atau posting lebih berpeluang mendapat banyak clickthrough (lebih sering di klik).

Yang di maksud dengan meta tag keywords adalah kata kunci - kata kunci yang mewakili judul dan deskripsi halaman posting yang sedang di cari melalui search engine di internet dan apabila keyword atau kata kunci tersebut sesuai dengan judul dan deskripsi posting Anda, maka judul artikel Anda-lah yang muncul di halaman index pencarian. Keyword sama dengan tag.

Dalam kaitannya dengan search engine optimization (SEO), google lebih mengandalkan meta description. Sementara pada yahoo search lebih mengandalkan tag atau keyword. Visit google or yahoo and see what they have to say about Title and Meta Tag optimization.



Dalam menentukan sebuah deskripsi, usahakan agar sebuah deskripsi blog tidak lebih dari 150 kata agar lebih SEO (Search Engine Optimization) Friendly.
kemudian, buatlah kata kunci (keyword) yang dibuat tidak lebih dari 250 kata.
Buatlah kata kunci atau keyword lebih unik dengan tetap mempertimbangkan kata kunci yang paling banyak di cari oleh pengguna internet

Contoh :
Deskripsi Blog = 'Belajar Membuat Blog di Blogspot'
Kata Kunci = 'tutorial blog,belajar SEO,tips trik blogspot,bisnis online di blog' dll

sumber link : vgathy (Kitab Blogger)


MEMASANG META TAG DI BLOG
Cara memasang meta tag di blog adalah sebagai berikut :
Login ke blog menggunakan akun gmail
Klik rancangan, kemudian klik Edit HTML
Cari script atau silahkan anda copy script ini <b:skin><![CDATA[

kemudian di Edit HTML templates anda, tekan Ctrl dan F secara bersamaan pada keyboard komputer anda, lalu masukan script ( <b:skin><![CDATA[ )yang telah anda copy dari blog ini pada kolom bagian kiri bawah Editor HTML Templates blog anda. selanjutnya tekan Enter. (cara ini agar script yang diminta lebih mudah dicari pada script HTML di Templates blog anda)
Jika telah ditemukan, selanjutnya copy paste script meta tag berikut ini tepat diatas / sebelum  script yang dicari tadi.
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<meta expr:content='data:blog.pageTitle + &quot; - deskripsi&quot;' name='description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageTitle + &quot;, keywords&quot;' name='keywords'/>
<b:else/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - deskripsi&quot;' name='description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, keywords&quot;' name='keywords'/> </b:if>
Gantilah kalimat "deskripsi" berwarna merah dengan deskripsi blog anda, dan kalimat keyword dengan kata kunci blog anda

Selanjutnya tekan (klik) Simpan untuk menyimpan modifikasi templates anda.

sumber script meta : Kang Rochman



Ikuti di Buzz

0 komentar:

Posting Komentar

Posts